Apa kelebihan yang kamu miliki?

// // Leave a Comment

Apa kelebihan yang kamu miliki?



Contoh tips wawancara kerja

Sekilas ini adalah pertanyaan yang mudah, tapi anda harus tetap berhati-hati pada pertanyaan seperti ini. Jawaban yang anda berikan haruslah memukau pewawancara, yang akan menjadi pertimbangan besar, untuk mengetahui apakah kelebihan dan kualifikasi yang anda miliki dibutuhkan calon atasan atau perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja tersebut, tipsnya anda sudah harus membuat catatan kecil untuk menuliskan semua kualifikasi yang anda miliki,.

sesuaikan segala skill yang anda tuliskan dengan lowongan kerja perusahaan pada saat anda wawancara kerja. Contoh daftar list tersebut termasuk background pendidikan anda, program peminatan jurusan anda, training, sertifikasi, program pengembangan, pengalaman kerja sebelumnya jika sesuai dengan posisi yang anda lamar saat ini. 

Kalian harus menandai sekitar tiga skill terbaik anda, yang sesuai dengan posisi yang anda lamar, sehingga anda dapat menekankan jawaban pada tiga poin terbaik anda.

Contoh jawaban:
Saya pernah mengikuti training dan sertifikasi dasar terkait bidang audit, program training berjalan sekitar 2 bulan, dan lisensi langsung dari IAI(Ikatan akunting Indonesia).

Saya punya passion besar dalam bidang audit. Disamping itu saya paham betul akan fungsi-fungsi audit, bukan hanya untuk mencari kesalahaan pada departemen-departemen yang melakukan kesalahan prosedur, tetapi juga harus bisa melakukan tindakan preventif(pencegahan) agar hal-hal yang menyimpang tidak terjadi. 

Selain itu memberi supervisi secara persuasif agar goal perusahaan dapat tercapai. karena saya mempunyai kemampuan persuasif dalam menjalin hubungan pada divisi lain, sehingga saya yakin kemampuan ini akan sangat berguna untuk mencapai target perusahaan.

Saya telah bekerja sebagai salesman 2 tahun dan 3 tahun sebagai supervisor area manajer, saya telah melewati program pengembangan, sehingga saya paham betul dengan yang terjadi di bawah. 


Saya bisa menggunakan pengalaman saya untuk mengontrol distribusi dan pencapaian omzet dari area yang  dimana saya bertanggung jawab.

Saya memang fresh graduate, tetapi saya memiliki pengalaman menulis non formal, dalam majalah online di suatu web, selain  itu saya juga penulis pada majalah kampus untuk organisasi.. saya memiliki gairah besar dalam menulis, ditunjang juga karena saya jurusan sastra, saya paham betul literatur yang baik dalam menulis, saya yakin pengalaman saya akan sangat berguna bagi Ibu/Bapak dalam perusahaan ini.

Jawaban yang harus hindari:
Anda harus paham, bahwa pertanyaan yang diajukan adalah kelebihan yang paling anda miliki, jadi bukan waktunya untukm anda merendahkan diri. 

Pada pertanyaan ini User mau mendapatkan informasi tentang kemampuan dan pemahaman anda terhadap dunia kerja, jadi anda harus unjuk kemampuan sebaik-baiknya. 

Hindarilah kata-kata yang sangat umum, misalnya anda mengatakan anda adalah seorang pekerja keras, dan hanya itu saja, tanpa ada contoh penunjang yang lebih real untuk menggambarkan bahwa anda adalah seorang pekerja keras, dan juga tidak ada contoh nyata tentang pencapaian yang telah anda dapatkan sebagai seorang pekerja keras.

Contoh diatas bisa diganti sesuai dengan kualifikasi sesuai denga lowongan kerja yang anda hadiri. Satu hal yang anda harus pahami, pasti ada kemampuan yang bisa diolah lagi untuk anda gunakan sebagai sebagai senjata pamungkas saat pertanyaan ini diajukan dalam wawancara kerja. 


Anda Cuma harus meluangkan waktu untuk berpikir dan mencatatnya di catatan kecil, pahami maksudnya dengan baik, dan eksekusi dengan tepat saat wawancara kerja.

Artikel Menarik Lainnya:




0 comments:

Post a Comment